WELCOME TO MY BLOG

Minggu, 08 Juli 2012

RPP KRISIS IDENTITAS



PERENCANAAN PROGRAM PELAYANAN KONSELING


A.  Topik                                 :  Krisis Identitas
B.  Tugas Perkembangan 3     :  Menerima peran jenis kelamin masing-masing (laki-laki
                                                  dan perempuan)
C.  Rumusan Kompetensi       :  Menemukan identitas diri dengan usaha yang konstruktif
D. Tujuan                                :  Peserta didik mampu mengenali identitas diri melalui
                                                   upaya-upaya konstruktif
                                                 
D.  Bidang Bimbingan            : Pribadi
E.  Jenis layanan                      : Informasi
F.  Fungsi pelayanan               : Pemahaman
G.  Kelas / Semester                : VII I/ I
H.  Alokasi waktu                   : 1 x 40 menit
I.   Sumber/ Alat bantu           : Teks Cerita
                                                : Permainan Sandi

J. Langkah-Langkah Kegiatan :

Kegiatan Guru Pembimbing
Kegiatan Peserta didik
Pembukaan
-        Salam pembuka
-        Mencek Kehadiran siswa


-        Menjawab alam
-        Menjawab tentang kehadiran diri
Kegiatan inti
-        Menjelaskan kepada peserta didik tentang topic yang  akan dibahas
-        Membacakan teks cerita
-        Melanjutkan kegiatan dengan permainan sandi
-        Menjelaskan teknik permainan Sandi
-        Memberikan refleksi
-        Melakukan evaluasi /Bertanya
-        Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya

-        Memperhatikan penjelasan guru pembimbing
-        Peserta didik memperhatian dan mendengarkan cerita
-        Mencari Sandi
-        Menjawab refleksi
-        Menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan materi
-        Menjawab evaluasi












PENGEMBANGAN MATERI


A.  Topik                                 :  Krisis Identitas
B.  Tugas Perkembangan 3     :  Menerima peran jenis kelamin masing-masing (laki-laki
                                                  dan perempuan)
C.  Rumusan Kompetensi       :  Menemukan identitas diri dengan usaha yang konstruktif
D. Tujuan                                :  Peserta didik mampu mengenali identitas diri melalui
                                                   upaya-upaya konstruktif
                                                  
D.  Bidang Bimbingan            : Pribadi
E.  Jenis layanan                      : Informasi
F.  Fungsi pelayanan               : Pemahaman
G.  Kelas / Semester                : VII I/ I
H.  Alokasi waktu                   : 1 x 40 menit
I.   Sumber/ Alat bantu           : Cerita
                                                : Permainan Sandi

J.       Langkah Penggunaan Alat Bantu :

1.      Cerita
Bimo begitu mengagumi Aderay yang merupakan atlet asal Bali. Ototnya melambangkan seorang laki-laki sejati. Setiap sore Bimo berolahraga dengan main skiping, angkat barbel dan lari-lari di sekitar rumahnya. Bimo sangat mendambakan tubuhnya menjadi tinggi, tegap dan berotot seperti Aderay. Bahkan ketika Bimo diajak ibunya untuk pergi ke mal, Bimo selalu meminta dibelikan T-Shirt yang ada gambar Aderay. Bimo akan merasa gagah bila sudah berpenampilan seperti idolanya itu.
Ayah dan ibu Bimo hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala melihat perilaku anaknya karena tergila-gila dengan Aderay.Tetapi ibu Bimo pusing melihat kamar Bimo seperti kapal pecah. Semua dinding kamarnya penuh dengan poster-poster dan pernik-pernik Aderay.

2.      Permainan Sandi





K.    Refleksi :
1.      Apa pendapat anda tentang cerita di atas?
2.      Apa sikap positif yang perlu dikembangkan dari cerita di atas?
3.      Bagaimana pandangan anda terhadap diri anda sendiri pada saat ini?
4.      Apa yang akan anda lakukan untuk dapat memiliki identitas diri yang baik?



  1. Evaluasi :

    1. Apa yang dimaksud dengan krisis identitas?
    2. Apa saja bentuk-bentuk krisis identitas yang pernah anda alami?
    3. Bagaimana usaha – usaha yang akan anda lakukan agar terhindar dari krisis identitas?




RPP perubahan fisik pada remaja

PERENCANAAN PROGRAM PELAYANAN KONSELING



A. Topik                                 : Perubahan fisik pada masa remaja
B. Tugas Perkembangan 2   : Mempersiapkan, menerima bersikap dinamas terhadap
                                                  perubahan  fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
C. Rumusan Kompetensi     : Memahami dan menerima perubahan fisik secara
                                                  baik dan mampu mengembangkan diri lainnya secara
                                                  lebih baik
D.  Tujuan                             : Pesrta didik mampu memahami dan menerima perubahan
                                                   fisik secara poisitif dan mampu melihat potensi lainnya
                                                   yang dapat dikembangkan
E. Bidang Bimbingan           : Pribadi
F.  Jenis layanan                    : Informasi
G.  Fungsi Pelayanan            : Pemahaman dan pengembangan
H.  Sasaran                            : Peserta didik kelas VIII / I
I. Alokasi waktu                    : 2 x 40 menit
J.   Metode                             : Tebak diri (Who am I) Menyanyi lagu I want to be super
                                                  Star, tanya jawab dan ceramah
K.  Sumber                            : Buku Paket Psikologi Remaja
L.  Media                                : Manusia
                                                  Photo dan Kertas HVS
                                         

M.Langkah Kegiatan Layanan           :
Kegiatan Guru Pembimbing/Konselor
Kegiatan Peserta didik
Pembukaan
-        Salam pembuka
-        Mencek Kehadiran siswa
-        Appersepsi

-        Menjawab alam
-        Menjawab tentang kehadiran diri
Kegiatan inti
-        Menjelaskan kepada peserta didik tentang topic yang  akan dibahas
-        Meminta kesediaan salah seorang peserta didik untuk menjadi model
-        Menjelaskan tugas-tugas model dan tugas-tugas peserta didik lainnya
-        Menginformasikan kepada peserta didik untuk leksanakan peran masing-masing dalam permainan
-        Menayangkan lagu I want to be super star dan meminta peserta didik untuk menyanyikannya bersama-sama
-        Merefleksi
-        Memberikan materi berdasarkan teori penunjang
-        Mengevaluasi
-        Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya

-        Memperhatikan penjelasan guru pembimbing
-        Salah seorang peserta didik tampil sebagai model
-        Memahami dan menjalankan tugas-tugas tersebut
-        Melaksanakan permaianan who am I
-        Bernyanyikan lagu I want to be super star bersama sama
-        Menjawab refleksi
-        Memperhatikan guru pembimbing yang sedang memberikan penjelasan materi yang dibahas
-        Menjawab evaluasi yang diberikan guru pembimbing
-        Menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan materi
Penutup:
-        Memberikan himbauan dan penguatan
-        Doa dan alam penutup


-        Mendengar dan memahami penguatan dan himbauan
-        Berdoa dan menjawab salam bersama-sama

N  Penyelenggara layanan                   : Fitri Oktafia, S.Pd
O.  Rencana Penilaian                         :  1. Pengetahuan tentang perubahan fisik remaja
                                                                  laki-laki dan perempuan
                                                              2. Pengetahuan tentang perubahan fisik diri
                                                                  sendiri
                                                              3. Menerima perubahan diri secara positif
                                                              4. Bersikap optimis
                                                              5. Mengenali potensi lainnya yang dapat
                                                                  dikembangkan
     
P.  Catatan khusus                              : Bagi peserta didik yang mengalami hambatan 
                                                              dalam memahami dan menerima perubahan fisik
                                                              akan diberikan tindak dalambentuk konseling
                                                              perorangan



















PENGEMBANGAN MATERI


A. Topik                                 : Perubahan fisik pada masa remaja
B. Tugas Perkembangan      : Mempersiapkan, menerima bersikap dinamas terhadap
                                                  perubahan  fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
C. Rumusan Kompetensi     : Memahami dan menerima perubahan fisik secara
                                                  baik dan mampu mengembangkan diri secara lebih baik
D. Tujuan                              : Peserta didik mampu memahami dan menerima
                                                  perubahan fisiknya secara positif dan mampu melihat
                                                  potensi diri lainnya yang dapat dikembangkan
   
E. Bidang Bimbingan           : Pribadi
F. Jenis layanan                     : Informasi
G. Fungsi Pelayanan             : Pemahaman dan pengembangan
H. Kelas / Semester               : VIII / I
I. Alokasi waktu                    : 2 x 40 menit
J.  Buku Sumber                    : Buku Paket Psikologi Perkembangan Remaja
K.  Metode                             : Tebak diri (Who am I) menyanyi lagu I want to be super
                                                   Star, Tanya jawab dan ceramah

L. Media                                 : Manusia
                                                   Photo dan Kertas HVS

M. Langkah Penggunaan Media :
1.      Salah seorang peserta didik diminta tampil untuk menjadi model. Pada punggungnya di tempel nama Cok Baba. Ia menemak nama yang di tempel dipunggungnya. Teman-temannya hanya memberikan respon ya atau tidak saja sampai ia mampu menebak kertas nama yang di tempel pada punggungnya.
2.      Menyanyikan lagu Who am I to be super star

I Want To Be Super Star
By. nursari

            Aku bukan Pasya Unggu
            Tubuhku pendek hidungku pesek
            Aku juga ngak mirip Aril
            Tubuh ku kecil seperti Unyil
                                   
Aku tidak ganteng
Aku tidak keren
Tapi aku punya pikiran yang modern

Badan aku pendek
Hidung aku pesek
Tapi aku mampu hidup layak dan nga ngrengek.

N.  Materi       :

Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa. Terjadi perubahan fisik dan psikis. Perubahan fisik itu dapat berupa :

Laki-laki
Perempuan
-          Tumbuh bulu
-          Mulai tumbuh jakun
-          Otot menguat
-          Suara membesar
-          Bahu dan dada menjadi bidang

-            Tumbuh bulu
-            Mulai tampak payudara
-            Kulit halus
-            Suara merdu / lembut
-            Pinggang berlekuk



Tidak semua orang memiliki pertumbuhan fisik yang ideal seperti yang diidam-idamkan. Di saat temannya bertubuh tinggi, dia masih bertubuh pendek. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor keturunan, gizi dan kebiasaan yang buruk, seperti sikap duduk yang tidak tepat atau membawa beban yang tudak sesuai dengan kemampuan fisik dan usianya.
Peserta didik sekalian, sadarilah bahwa tidak semua orang yang memiliki kekurangan fisiknya merasa malu atau minder untuk menjalani hidup. Ia mampu untuk mengembangkan potensi lainnya yang ada di dirinya.

Contohnya :
1.      Ucok Baba
Secara fisik Cok Baba memiliki tubuh yang pendek dan wajah yang tidak terlalu menawan, namun ia punya potensi punya bakat yang laur biasa dalam berakting dan punya semangat hidup yang luar biasa tingginya. Terbukti dengan perjalanan hidupnya dalam mengembangkan potensi aktingnya yang pada mulannya siering di tolak oleh beberapa produser. Ia tidak putus asa, selalu mencoba-dan mencoba lagi agar bisa akhirnya berkat kegigihannya ia dilirik oleh seorang produser sehingga terkenal seperti sekarang ini dan memiliki sebuah keluarga yang cukup membahagiakan.
2.      Andika
Begitu juga dengan personil kangen band yang bernama Andika. Ia juga tidak memiliki tubuh yang maco dan wajah yang menawan. Ia juga pernah di tolak oleh beberapa produser. Namun berkat kegigihannya dengan teman-temannya akhirnya mereka mampu masuk dapur rekaman dan penjualan kaset dan Cdnya laris manis.

O. Refleksi :
1.      Apa tanggapan anda tentang permainan Who am I?
2.      Apa tanggapan anda tentang isi lagu I Want To Be Star?
3.      Sikap positif apa yang dapat dikembangkan dari permainan dan lagu di atas?
4.      Bagaimana sikap dan perilaku anda dengan perubahan fisik yang anda alami di masa remaja ini?
5.      Seandainya anda memiliki fisik seperti contoh di atas apa yang akan anda lakukan ?
6.      Setelah mengikuti kegiatan ini apa yang akan anda lakukan agar anda mampu untuk menerima dan mengembangkan diri anda?

P. Intrumentasi
1. Apa yang dimaksud dengan perubahan?
2. Apa saja bentuk perubahan fisik yang terjadi pada remaja laki-laki?
3. Apa saja bentuk perubahan yang terjadi pada rmaja perempuan ?
4. Bagaimana sikap dan prilaku anda menerima perubahan fisik yang terjadi pada
    diri anda?
5. Apa usaha yang dapat anda lakukan untuk mampu menerima perubahan fisik
    secara positif?
6. Apa bentuk – bentuk potensi diri yang dapat anda kembangkan?

O.    Penguatan dan himbauan

Ananda sekalian, ternyata Allah itu maha adil. Terbukti bahwa manusia itu di samping punya kelemahan ia juga punya banyak kelebihan. Kita perlu tahu itu dan mensyukurinya dengan mengembangkan kelebihan yang kita memiliki untuk memenimalkan kekurangan yang ada. Ingatlah ananda sekalian jika kita menyia-nyiakan potensi yang kita memiliki dan hanya meratapi kekurangan berari kita termasuk orang yang tidak bersyukur yang mengakibatkan terkungkung dengan masalah dan membawa kehancuran.



                                                                           
PROGRAM TAHUNAN
PELAYANAN KONSELING

SEKOLAH                             : ……….………………..      
TAHUN                                  : 2012/2013
KONSELOR                          : …………………………
                                                 

No
Kegiatan
Materi Bidang Pengembangan
Pribadi
Sosial
Belajar
Karier
1
2
3
4
5
6
1.
Layanan Orientasi
Orientasi terhadap obyek-obyek pengembangan pribadi

Orientasi terhadap obyek-obyek pengembangan hubungan sosial

Orientasi terhadap obyek-obyek pengembangan kemampuan belajar

Orientasi terhadap obyek-obyek implementasi karier

2.
Layanan Informasi
Informasi tentang potensi, kemampuan dan kondisi pribadi

Informasi tentang potensi, kemampuan dan kondisi hubungan sosial

Informasi tentang potensi, kemampuan kegiatan dan hasil belajar

Informasi tentang potensi, kemampuan arah dan kondisi karier

3.
Layanan Penempatan/Penyaluran
Penempatan dan Penyaluran untuk pengembangan kemampuan pribadi

Penempatan dan Penyaluran untuk pengembangan kemampuan sosial
Penempatan dan Penyaluran untuk pengembangan kemampuan belajar
Penempatan dan Penyaluran untuk pengembangan kemampuan karier
4.
Layanan Penguasaan Konten
Kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan pribadi

Kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan sosial

Kompetensi dan kebiasaan dalam kegiatan dan hasil belajar

Kompetensi dan kebiasaan dalam arah pengembangan karier

5.
Layanan Konseling Perorangan
Masalah pribadi: dalam kehidupan pribadi
Masalah pribadi: dalam kehidupan sosial
Masalah pribadi: dalam kegiatan belajar
Masalah pribadi: dalam kehidupan karier
6.
Layanan Bimbingan Kelompok
Topik tentang: Kemampuan dan kondisi pribadi

Topik tentang: Kemampuan dan kondisi hubungan sosial

Topik tentang: Kemampuan, kegiatan dan hasil belajar

Topik tentang: Kemampuan dan arah karier

7.
Layanan Konseling Kelompok
Masalah pribadi: dalam kehidupan pribadi
Masalah pribadi: dalam kehidupan sosial
Masalah pribadi: dalam kegiatan belajar
Masalah pribadi: dalam kehidupan karier



1
2
3
4
5
6
8.
Layanan Konsultasi
Pemberdayaan pihak tertentu untuk dapat membantu peserta didik

Pemberdayaan pihak tertentu untuk dapat membantu peserta didik
Pemberdayaan pihak tertentu untuk dapat membantu peserta didik
Pemberdayaan pihak tertentu untuk dapat membantu peserta didik
9.
Layanan Mediasi
Upaya mendamaikan pihak-pihak tertentu (peserta didik) yang berselisih

Upaya mendamaikan pihak-pihak tertentu (peserta didik) yang berselisih
Upaya mendamaikan pihak-pihak tertentu (peserta didik) yang berselisih
Upaya mendamaikan pihak-pihak tertentu (peserta didik) yang berselisih
10.
Aplikasi Instrumentasi
Intrument tes dan non tes untuk mengungkapkan kondisi dan permasalahan peserta didik

Intrument tes dan non tes untuk mengungkapkan kondisi dan permasalahan peserta didik

Intrument tes dan non tes untuk mengungkapkan kondisi dan permasalahan peserta didik

Intrument tes dan non tes untuk mengungkapkan kondisi dan permasalahan peserta didik

11.
Konferensi Kasus
Pembahasan kasus-kasus tertentu yang dialami peseta didik

Pembahasan kasus-kasus tertentu yang dialami peseta didik

Pembahasan kasus-kasus tertentu yang dialami peseta didik

Pembahasan kasus-kasus tertentu yang dialami peseta didik

12.
Kunjungan Rumah
Pertemuan dengan orang tua, keluarga, peserta didik yang mengalami masalah

Pertemuan dengan orang tua, keluarga, peserta didik yang mengalami masalah

Pertemuan dengan orang tua, keluarga, peserta didik yang mengalami masalah

Pertemuan dengan orang tua, keluarga, peserta didik yang mengalami masalah