WELCOME TO MY BLOG

Minggu, 08 Juli 2012

RPP KRISIS IDENTITAS



PERENCANAAN PROGRAM PELAYANAN KONSELING


A.  Topik                                 :  Krisis Identitas
B.  Tugas Perkembangan 3     :  Menerima peran jenis kelamin masing-masing (laki-laki
                                                  dan perempuan)
C.  Rumusan Kompetensi       :  Menemukan identitas diri dengan usaha yang konstruktif
D. Tujuan                                :  Peserta didik mampu mengenali identitas diri melalui
                                                   upaya-upaya konstruktif
                                                 
D.  Bidang Bimbingan            : Pribadi
E.  Jenis layanan                      : Informasi
F.  Fungsi pelayanan               : Pemahaman
G.  Kelas / Semester                : VII I/ I
H.  Alokasi waktu                   : 1 x 40 menit
I.   Sumber/ Alat bantu           : Teks Cerita
                                                : Permainan Sandi

J. Langkah-Langkah Kegiatan :

Kegiatan Guru Pembimbing
Kegiatan Peserta didik
Pembukaan
-        Salam pembuka
-        Mencek Kehadiran siswa


-        Menjawab alam
-        Menjawab tentang kehadiran diri
Kegiatan inti
-        Menjelaskan kepada peserta didik tentang topic yang  akan dibahas
-        Membacakan teks cerita
-        Melanjutkan kegiatan dengan permainan sandi
-        Menjelaskan teknik permainan Sandi
-        Memberikan refleksi
-        Melakukan evaluasi /Bertanya
-        Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya

-        Memperhatikan penjelasan guru pembimbing
-        Peserta didik memperhatian dan mendengarkan cerita
-        Mencari Sandi
-        Menjawab refleksi
-        Menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan materi
-        Menjawab evaluasi












PENGEMBANGAN MATERI


A.  Topik                                 :  Krisis Identitas
B.  Tugas Perkembangan 3     :  Menerima peran jenis kelamin masing-masing (laki-laki
                                                  dan perempuan)
C.  Rumusan Kompetensi       :  Menemukan identitas diri dengan usaha yang konstruktif
D. Tujuan                                :  Peserta didik mampu mengenali identitas diri melalui
                                                   upaya-upaya konstruktif
                                                  
D.  Bidang Bimbingan            : Pribadi
E.  Jenis layanan                      : Informasi
F.  Fungsi pelayanan               : Pemahaman
G.  Kelas / Semester                : VII I/ I
H.  Alokasi waktu                   : 1 x 40 menit
I.   Sumber/ Alat bantu           : Cerita
                                                : Permainan Sandi

J.       Langkah Penggunaan Alat Bantu :

1.      Cerita
Bimo begitu mengagumi Aderay yang merupakan atlet asal Bali. Ototnya melambangkan seorang laki-laki sejati. Setiap sore Bimo berolahraga dengan main skiping, angkat barbel dan lari-lari di sekitar rumahnya. Bimo sangat mendambakan tubuhnya menjadi tinggi, tegap dan berotot seperti Aderay. Bahkan ketika Bimo diajak ibunya untuk pergi ke mal, Bimo selalu meminta dibelikan T-Shirt yang ada gambar Aderay. Bimo akan merasa gagah bila sudah berpenampilan seperti idolanya itu.
Ayah dan ibu Bimo hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala melihat perilaku anaknya karena tergila-gila dengan Aderay.Tetapi ibu Bimo pusing melihat kamar Bimo seperti kapal pecah. Semua dinding kamarnya penuh dengan poster-poster dan pernik-pernik Aderay.

2.      Permainan Sandi





K.    Refleksi :
1.      Apa pendapat anda tentang cerita di atas?
2.      Apa sikap positif yang perlu dikembangkan dari cerita di atas?
3.      Bagaimana pandangan anda terhadap diri anda sendiri pada saat ini?
4.      Apa yang akan anda lakukan untuk dapat memiliki identitas diri yang baik?



  1. Evaluasi :

    1. Apa yang dimaksud dengan krisis identitas?
    2. Apa saja bentuk-bentuk krisis identitas yang pernah anda alami?
    3. Bagaimana usaha – usaha yang akan anda lakukan agar terhindar dari krisis identitas?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar