WELCOME TO MY BLOG

Minggu, 08 Juli 2012

RPP BK

Bagi teman-teman yang membutuhkan RPP BK, berikut saya berikan contoh RPPnya di bawah ini
atau bisa di unduh lewat link ini : RPP BK 2012 

RENCANA PROGRAM PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
( RPPBK )


1.         Tugas Perkembangan (1)         : Mempersiapkan diri menerima dan bersikap positif serta
dinamis terhadap perubahan pisik dan psikis (mental) yang  
terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat.

2.         Rumusan Kompetensi             : Mampu melaksanakan / menjalankan pola hidup sehat
  baik pisik maupun psikis (mental)

3.         Materi Layanan                       : Kesehatan pisik dan psikis (mental)

4.         Sub Materi Layanan                : Hidup sehat secara pisik dan psikis merupakan dambaan
  setiap manusia

5.         Bidang Bimbingan                  : Bimbingan Pribadi

6.         Jenis Layanan                          : Informasi dan Orientasi

7.         Fungsi Layanan                       : Pemeliharaan dan Pengembangan

8.         Tujuan Layanan                      : Siswa mampu memahami pentingnya hidup sehat secara
  pisik dan psikis (mental) yang terjadi pada diri sendiri

9.         Sasaran Layanan                     : Siswa kelas VIII

10.       Semester / Waktu                    : Gasal  /  1 x 40 menit

11.       Uraian Kegiatan                      :
            Kegiatan I                               : 1. Guru Pembimbing mengabsen siswa

            Kegiatan II                              : Melalui penjelasan guru pembimbing, siswa :
                                                              1. Mengetahui pentingnya kesehatan pisik dan psikis
      (mental)

         Kegiatan III                            : Berdasarkan penjelasan guru pembimbing, siswa
  berdiskusi dan kerja kelompok tentang :
  1. Cara-cara  menjaga kesehatan pisik dan psikis
2. Menyusun rencana untuk melakaukan kegiatan yang
    menunjang kesehatan pisik dan psikis (mental)
3. Diskusi tentang cara-cara mengatasi kemalasan dan
    kejenuhan

12.              Nilai-nilai yang harus dikem-
bangkan dalam materi ini        : 1. Memahami tentang kesehatan pisik dan psikis dalam
      pertumbuhan dan perkembangan
                                                  2. Memahami bahwa perubahan pisik dan psikis pasti
      dialami oleh semua manusia dalam taraf pertumbuhan
      sehingga harus dijaga kesehatannya









13.       Pengembangan diri                 : 1. Menganali diri sendiri baik secara pisik maupun psikis
2. Menjaga kesehatan pisik dan psikis dengan makan   
    makanan yang bergizi dan olahraga teratur
                                                              3. Selalu menjaga kebersihan
                                                              4. Menambah pengetahuan kesehatan dengan membaca
      buku-buku tentang kesehatan

14.       Sumber Belajar                        : - Buku Media Layanan Pengembangan Diri Siswa
                                                              - Buku-buku tentang Kesehatan

15.       Metode                                    : Ceramah bervariasi, diskusi kelompok, pemberian tugas

16.       T e m p a t                               : Ruang kelas VIII

17.       Penyelenggara                         : Guru Pembimbing

18.       Pihak yang diakitkan              : 1. Wali Kelas
                                                              2. Orang tua

19.       Penilaian                                  :
            Unsur yang dinilai                   : 1. Pemahaman materi layanan
                                                              2. Perasaan yang dialami setelah pelayanan selesai
                                                              3. Hasil diskusi dan tugas-tugas yang dikerjakan

            Tugas yang dikerjakan siswa  : 1. Apakah yang dimaksud dengan keseimbangan antara
      kesehatan pisik dan psikis
  2. Tuliskan rencana Anda untuk melakukan latihan
      olahraga pisik dan psikis sesuai dengan keadaan Anda
      sekarang
  3. Diskusikan dengan teman Anda bagaimana cara-cara
      mengatasi kemalasan atau kejenuhan dalam usaha untuk
      menunjang kesehatan pisik maupun psikis

20.       Tindak Lnjut                           : Layanaan bimbingan kelompok / individual bagi siswa
  yang belum memahami materi layanan

21.       Catatan Khusus                       : Hal – hal yang sangat penting terjadi selama proses
  kegiataan berlangsung untuk menjadi perhatian berikutnya





        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar