atau bisa di unduh lewat link ini : RPP BK 2012
RENCANA PROGRAM PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
( RPPBK )
1. Tugas Perkembangan (1) : Mempersiapkan diri menerima dan bersikap positif serta
dinamis terhadap perubahan pisik dan psikis (mental) yang
terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat.
2. Rumusan Kompetensi : Mampu melaksanakan / menjalankan pola hidup sehat
baik pisik maupun psikis (mental)
3. Materi Layanan : Kesehatan pisik dan psikis (mental)
4. Sub Materi Layanan : Hidup sehat secara pisik dan psikis merupakan dambaan
setiap manusia
5. Bidang Bimbingan : Bimbingan Pribadi
6. Jenis Layanan : Informasi dan Orientasi
7. Fungsi Layanan : Pemeliharaan dan Pengembangan
8. Tujuan Layanan : Siswa mampu memahami pentingnya hidup sehat secara
pisik dan psikis (mental) yang terjadi pada diri sendiri
9. Sasaran Layanan : Siswa kelas VIII
10. Semester / Waktu : Gasal / 1 x 40 menit
11. Uraian Kegiatan :
Kegiatan I : 1. Guru Pembimbing mengabsen siswa
Kegiatan II : Melalui penjelasan guru pembimbing, siswa :
1. Mengetahui pentingnya kesehatan pisik dan psikis
(mental)
Kegiatan III : Berdasarkan penjelasan guru pembimbing, siswa
berdiskusi dan kerja kelompok tentang :
1. Cara-cara menjaga kesehatan pisik dan psikis
2. Menyusun rencana untuk melakaukan kegiatan yang
menunjang kesehatan pisik dan psikis (mental)
3. Diskusi tentang cara-cara mengatasi kemalasan dan
kejenuhan
12. Nilai-nilai yang harus dikem-
bangkan dalam materi ini : 1. Memahami tentang kesehatan pisik dan psikis dalam
pertumbuhan dan perkembangan
2. Memahami bahwa perubahan pisik dan psikis pasti
dialami oleh semua manusia dalam taraf pertumbuhan
sehingga harus dijaga kesehatannya
13. Pengembangan diri : 1. Menganali diri sendiri baik secara pisik maupun psikis
2. Menjaga kesehatan pisik dan psikis dengan makan
makanan yang bergizi dan olahraga teratur
3. Selalu menjaga kebersihan
4. Menambah pengetahuan kesehatan dengan membaca
buku-buku tentang kesehatan
14. Sumber Belajar : - Buku Media Layanan Pengembangan Diri Siswa
- Buku-buku tentang Kesehatan
15. Metode : Ceramah bervariasi, diskusi kelompok, pemberian tugas
16. T e m p a t : Ruang kelas VIII
17. Penyelenggara : Guru Pembimbing
18. Pihak yang diakitkan : 1. Wali Kelas
2. Orang tua
19. Penilaian :
Unsur yang dinilai : 1. Pemahaman materi layanan
2. Perasaan yang dialami setelah pelayanan selesai
3. Hasil diskusi dan tugas-tugas yang dikerjakan
Tugas yang dikerjakan siswa : 1. Apakah yang dimaksud dengan keseimbangan antara
kesehatan pisik dan psikis
2. Tuliskan rencana Anda untuk melakukan latihan
olahraga pisik dan psikis sesuai dengan keadaan Anda
sekarang
3. Diskusikan dengan teman Anda bagaimana cara-cara
mengatasi kemalasan atau kejenuhan dalam usaha untuk
menunjang kesehatan pisik maupun psikis
20. Tindak Lnjut : Layanaan bimbingan kelompok / individual bagi siswa
yang belum memahami materi layanan
21. Catatan Khusus : Hal – hal yang sangat penting terjadi selama proses
kegiataan berlangsung untuk menjadi perhatian berikutnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar